May 29, 2023

Sebagai perusahaan yang peduli akan kepuasan pelanggan, ada baiknya jika kita mengenal service blueprint. Konsep ini bisa memberikan pandangan holistik tentang bagaimana mengkonfigurasi dan mengelola layanan bisnis dengan baik.

Memahami Elemen Service Blueprint

Service Blueprint

Pada umumnya, service blueprint terdiri dari tiga elemen penting, yaitu:

  1. Customer Actions: Langkah-langkah yang diambil oleh pelanggan untuk mencapai tujuannya.
  2. Frontstage Actions: Kegiatan yang dilakukan oleh karyawan dan sistem di depan panggung untuk memandu dan melayani pelanggan.
  3. Backstage Actions: Tindakan yang dilakukan di belakang panggung untuk memastikan keakuratan dan kelancaran sistem operasional.

Cukup banyak elemen yang terkait dengan konsep blueprint ini, namun kita dapat memulainya dengan melihat tiga elemen kunci tersebut.

Langkah-langkah yang Dilakukan oleh Pelanggan

Langkah pertama dalam membuat service blueprint adalah mengidentifikasi tindakan-tindakan yang dilakukan oleh pelanggan dari awal hingga akhir.

Ini sangat penting, karena jika Anda tidak tahu bagaimana pelanggan menggunakan layanan Anda, maka Anda tidak akan dapat secara efektif memperbaiki pengalaman pelanggan. Dalam kasus ini, Anda dapat mempekerjakan orang luar, seperti pelanggan rahasia, untuk menguji dan mencatat pengalaman tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat membuat survei atau wawancara dengan pelanggan untuk lebih memahami keinginan dan kebutuhan mereka. Ini juga membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda.

READ ALSO  Bisnis Tas Online Cara bisnis tas online yang membuat produk laris manis

Aktivitas di Depan Panggung

Setelah Anda memahami langkah-langkah yang dilakukan oleh pelanggan, selanjutnya adalah menentukan aktivitas yang dilakukan oleh karyawan di depan panggung untuk membantu pelanggan mencapai tujuannya.

Ini dapat mencakup aktivitas seperti menyambut pelanggan, menjawab pertanyaan mereka, dan membantu mengambil keputusan ketika pelanggan merasa bingung. Hal ini juga dapat melibatkan pelayanan pelanggan, seperti bantuan penukaran produk atau jasa, pengembalian produk yang rusak, atau layanan pelanggan lainnya.

Langkah penting selanjutnya adalah menentukan bagaimana karyawan dapat menyelesaikan tugas mereka secara efektif. Ini dapat termasuk memperkenalkan pelatihan dan pengembangan karyawan, meninjau dan memperbarui prosedur kerja atau membuat standar yang lebih baku.

Aktivitas di Belakang Panggung

Setelah mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh karyawan di depan panggung, langkah selanjutnya adalah menentukan aktivitas yang dilakukan di belakang panggung untuk mendukung aktivitas yang dilakukan di depan panggung.

Ini mungkin meliputi tindakan seperti mengelola stok, mengatur pemesanan, dan memproses pesanan pelanggan. Ada banyak faktor yang terlibat dalam aktivitas ini, seperti teknologi yang digunakan, lingkungan kerja, dan waktu produksi.

Untuk memastikan bahwa aktivitas di belakang panggung dapat berjalan dengan lancar, Anda dapat mengevaluasi setiap proses dan memperbaikinya jika diperlukan. Hal ini juga dapat termasuk peningkatan sistem yang lebih efisien, penggunaan teknologi yang lebih baru, atau peningkatan kualitas lingkungan kerja.

Hasil Akhir

Berdasarkan informasi yang Anda peroleh dari langkah-langkah sebelumnya, Anda dapat membuat service blueprint untuk membantu Anda mengelola layanan bisnis secara lebih efektif. Service blueprint akan mencakup semua informasi yang Anda peroleh dari pelanggan dan juga aktivitas karyawan di belakang dan di depan panggung.

Namun, service blueprint bukanlah alat yang sekali digunakan dan lalu dilupakan. Anda perlu memperbarui dan memantau service blueprint secara teratur untuk memastikan bahwa Anda memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik dan efisien.

READ ALSO  Cara Bisnis Makanan Online Cara bisnis online makanan, bisnis dengan potensi untung lebih besar

Service blueprint dapat memberikan Anda gambaran besar tentang bagaimana mengkonfigurasi dan mengelola layanan bisnis dengan baik. Namun, untuk memaksimalkan efektivitasnya, pastikan untuk memahami elemen-elemen penting yang terkait, melakukan evaluasi berkala, dan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan Anda.

Contoh Service Blueprint

Service Blueprint Example

Contoh di atas menunjukkan service blueprint pada layanan pemesanan makanan di restoran. Dari gambar di atas, dapat dilihat bahwa ada tiga elemen kunci pada service blueprint tersebut.

Pertama-tama, Customer Actions menunjukkan bagaimana pelanggan memesan makanan dan apa yang mereka harapkan dari pengalaman di restoran. Kemudian, Frontstage Actions menunjukkan tindakan yang harus dilakukan oleh karyawan restoran untuk memastikan bahwa pengalaman pelanggan berjalan dengan lancar.

Terakhir, Backstage Actions menunjukkan tindakan yang dilakukan di belakang panggung untuk memproses pesanan pelanggan. Semua elemen ini bekerja sama untuk memberikan pengalaman pelanggan yang efisien dan menyenangkan.

Pertimbangan Penting dalam Membuat Service Blueprint

Ketika Anda membuat service blueprint, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, di antaranya adalah:

  • Interaksi Pelanggan dan Karyawan: Pastikan untuk memperhatikan bagaimana interaksi antara pelanggan dan karyawan bisa terjadi dengan lancar dan mudah dipahami.
  • Kohesivitas: Pastikan semuanya bekerja sama dengan baik dan efektif dalam satu sistem yang kohesif.
  • Kemudahan: Pastikan untuk memperhatikan cara yang paling mudah bagi pelanggan untuk memperoleh informasi dan melakukan interaksi dengan karyawan Anda.
  • Kualitas: Pastikan bahwa kualitas layanan dan pelanggan selalu menjadi prioritas utama dalam layanan bisnis Anda.

Dengan mempertimbangkan semua faktor di atas, Anda dapat membuat service blueprint yang efektif yang dapat membantu Anda mengkonfigurasi dan mengelola layanan bisnis Anda secara lebih baik.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, service blueprint dapat membantu Anda merencanakan dan mengelola layanan bisnis Anda dengan lebih efektif dan efisien. Ini dapat membantu Anda memperbaiki pengalaman pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

READ ALSO  Contoh Bisnis Online Baju Bisnis online baju tanpa modal

Dengan memperhatikan elemen kunci dari service blueprint dan dengan mempertimbangkan semua faktor yang terkait, Anda dapat membuat service blueprint yang efektif dan relevan dengan bisnis Anda sendiri.

Terakhir, pastikan untuk memperbarui dan memonitor blueprint Anda secara teratur sehingga Anda selalu dapat memberikan layanan berkualitas dan memuaskan bagi semua pelanggan Anda.

If you are searching about Service Blueprint | Elemen penting dalam bisnis yang sering terlupakan you’ve visit to the right web. We have 5 Images about Service Blueprint | Elemen penting dalam bisnis yang sering terlupakan like Bisnis Model Canvas Dari Kodak, Service Blueprint | Elemen penting dalam bisnis yang sering terlupakan and also Kelas Online Bisnis – BRAIN Personalities. Here it is:

Service Blueprint | Elemen Penting Dalam Bisnis Yang Sering Terlupakan

Service Blueprint | Elemen penting dalam bisnis yang sering terlupakan

medium.com

restoran

Bisnis Model Canvas Dari Kodak

Bisnis Model Canvas Dari Kodak

pojokkita.com

Que Peut Vous Apporter Le Service Blueprint

Que peut vous apporter le service Blueprint

blog-ux.com

apporter peut

Kelas Online Bisnis – BRAIN Personalities

Kelas Online Bisnis - BRAIN Personalities

brainpersonalities.com

Service Blueprint | Elemen Penting Dalam Bisnis Yang Sering Terlupakan

Service Blueprint | Elemen penting dalam bisnis yang sering terlupakan

medium.com

blueprint bisnis elemen

Kelas online bisnis. Service blueprint. Service blueprint

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *